BENCANA TSUNAMI di MENTAWAI

     REPUBLIKA.CO.ID, PADANG--Korban yang meninggal di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar), pascagempa berkekuatan 7,2 SR diiringi tsunami yang melanda daerah itu, hingga Kamis (28/10) siang menjadi 305 orang.
"Data tentang korban gempa dan tsunami di Kepulauan Mentawai yang meninggal sebanyak 305 tersebut dihimpun oleh petugas Satkorlak Penanggulangan Bencana Posko bencana Kecamatan Sikakap," kata petugas teknis Dinas Prasarana Jalan dan Tata Ruang Pemukiman (Prasjal Tarkim) Sumbar, Muhammad Arif ST, dihubungi dari Padang.

     Muhammad Arif bersama belasan tenaga teknis dari Dinas Prasjal Tarkim Sumbar, termasuk ratusan relawan, dan tenaga teknis dari sejumlah instansi pemerintah di Sumbar, berangkat Rabu malam (27/10) dengan kapal KM Bahtera trip pertama, dan tiba Kamis siang (28/10). Dalam perjalanan mereka, kata Arif, cuaca cukup ekstrim sementara Kamis pagi terjadi hujan lebat. "Namun demikian, Alhamdullilah kapal sampai di Sikakap dengan selamat," katanya.

     Petugas Satkorlak PB Sikakap mengakui bantuan yang datang ke Sikakap dengan kapal Bahtera merupakan bantuan pertama kali sampai di Sikakap. Pendataan infrastruktur yang rusak berat terdapat sebanyak 209 dan rusak ringan 175. Infrastruktur yang rusak parah terbanyak di Kecamatan Pagai Selatan yang tercatat 97 unit dan rusak ringan terbanyak di Kecamatan Pagai Utara.

     Berdasarkan data dari Satuan Koordinasi Pelaksana Penanggulangan Bencana (Satkorlak PB) menunjukkan, korban meninggal di Kecamatan Sipora Selatan 22 orang dan hilang empat orang. Infrastruktur rusak berat 60 unit dan rusak ringan 40 unit.

     Di Kecamatan Pagai Selatan meninggal 135 orang dan hilang 36 orang, infrastruktur rusak berat 97 dan 1 rusak ringan. Di kecamatan Pagai Utara meninggal 138 orang hilang 320 orang, infrastruktur rusak berat 52 dan rusak ringan 118, di Sikakap 10 meninggal dan seorang hilang, sedangkan infrastruktur hanya rusak ringan sebanyak 17 unit.

0 komentar:

Posting Komentar

in actions

DAFTAR ISI

Blogger templates

”Photobucket”